Kamis, 21 Juni 2012

Sekilas Tentang BMT An-Nuur


KJKS BMT An Nuur adalah sebuah koperasi dengan usaha tunggal bidang pengelolaan jasa keuangan berdasarkan prinsip-prinsip syariah. BMT ini didirikan tahun 1998 dan sudah berbadan hukum resmi dengan no 004/BH/KWK.11.22/22/XI/1998.
Sebagaimana BMT-BMT yang lain, BMT An Nuur memiliki 2 lembaga didalamnya yaitu Baitul Mal dan Baitul Tamwil. Baitul Mal adalah institusi keuangan yang bergerak dibidang sosial. Lembaga seperti ini sudah ada sejak zaman Rasulullah. Sedangkan Baitul Tamwil adalah institusi keuangan islam yang bergerak dibidang pengembangan ekonomi (pemberdayaan ummat) dengan pola pemberian pembiayaan.
BMT An Nuur hadir dalam rangka menghimpun dana anggota yang memiliki kelebihan dana, yang selanjutanya dipergunakan untuk pemberdayaan ekonomi anggota lain, khususnya pengusaha kecil dan menengah.
Visi dan Misi
Visi yang diusung BMT An Nuur adalah : "Menjadi BMT yang dipercaya, membanggakan yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk jasa keuangan syari'ah yang berkualitas".
Adapun misinya adalah:
1.  Mengajak masyarakat dan lembaga lain untuk berinvestasi dalam meningktakan permodalan BMT dengan sistem syari'ah.
2.  Meningkatkan kerjasama dengan lembaga lain yang saling percaya dan bersinergi sebagai penggerak utama perekonomian ummat.
3. Menjalankan pembiayaan usaha yang adil dan amanah dengan prinsip kehati-hatian dalam bingkai syari’ah.
4.  Mendorong tercapainya mobilisasi pendanaan masyarakat muslim dengan zakat, infaq, dan shodaqoh sebagai bentuk kepedulian ummat.
Salah satu langkah untuk mewujudkan visi tersebut adalah dengan masuk dalam jaringan Asosiasi BMT se Kabupaten Purworejo dan juga Asosiasi BMT se Jawa Tengah. Ini tentunya membawa keuntungan bagi anggotanya karena simpanan anggota di BMT An-Nuur akan lebih aman.
Alamat dan Kontak
1.   Kantor Pusat
Alamat   : Jalan S. Parman No. 19 C Kutoarjo.
Telepon  : (0275) 642700
2.   BMT An-Nuur Cabang Purworejo
Alamat   : di Jl. WR Supratman No 67 Purworejo. 
Telepon  : (0275) 3318866
3.   Kontak
E-mail    : annurkta@gmail.com
Mobile    : 085743034630
                 085228480896
Alhamdulillah keberadaan BMT An-Nuur saat ini sudah diakui oleh masyarakat di Kabupaten Purworejo dan sekitarnya. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya nasabah yang berasal dari kabupaten Purworejo dan kabupaten lain seperti Kebumen dan Magelang. BMT An-Nuur juga mendapat kepercayaan dari pemerintah untuk menyalurkan Dana beberapa program diantaranya:
1.      P3KUM bekerjasama dengan Bank Syariah Mandiri
2.      Bantuan Stimulant untuk Perumahan  Swadaya dari Kementerian Perumahan RI
3.      Kerjasama dengan Departemen Pertanian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar